Chat with us, powered by LiveChat

Gunung Taal Di Tagaytay Filipina Kembali Erupsi

Gunung Taal di Tagaytay Filipina kembali erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik dan pihak berwenang sudah mendesak evakuasi penduduk setempat sejak minggu kemarin.

Agen slot terpercaya – sumber , Menara368 , mengatakan bahwa gunung aktif tersebut memuntahkan abu vulkanik sejauh 9 mil (14 kilometer) ke udara pada hari minggu.

Gunung merapi Taal yang berjarak 60 kilometer dari selatan ibukota Manila terletak di Pulau Luzon adalah salah satu gunung paling aktif di negara Rodrigo Duterte tersebut.

Gambar pada hari senin menunjukkan aliran lava mulai menyemburkan. Dan mengeluarkan abu vulkanik yang membuat langit menjadi gelap disertai abu dan uap.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (PHIVOLCS) telah menaikan tingkat siaga 4. Ini berarti “letusan eksplosif” dapat terjadi dalam beberapa jam atau hari kedepan. Level waspada tertinggi adalah 5, yang mengindikasikan erupsi sedang terjadi.

gunung taal

Menurut Erik Klementti, ahli vulkanologi di Universita Denison menerangkan bahwa gunung Taal sebenarnya tidak terlalu besar. Akan tetapi dianggap sebagai salah satu gunung paling berbahaya di dunia.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (PHIVOLCS) telah meminta kepada pemerintah untuk melakukan evakuasi total penduduk setempat yang beradius 17 kilometer dari gunung tersebut. Daerah tersebut dianggap sebagai zona berbahaya vulkanik dan akan membawa korban jiwa bagi penduduk setempat. PBB telah berkoordinasi dengan pemerintah juga untuk dapat memberikan bantuan jika diperlukan bagi penduduk sekitar yang berjumlah lebih dari 450.000 penduduk.

Hingga hari senin ada lebih dari 16.400 orang yang telah mencari perlindungan sementara di pusat-pusat evakuasi yang disediakan oleh pihak berwenang. Ada juga yang memutuskan untuk pindah sementara ke tempat-tempat kerabat mereka yang berjarak jauh dari lokasi gunung tersebut.

Otoritas federal membantu operasi respon dan evakuasi. Angkatan Darat mengirim 20 kendaraan militer dan 120 personel untuk membantu warga yang terkena dampak. Dan sekretaris pertahanan nasional mengatakan helikopter siap siaga untuk mengevakuasi orang.

Kota Yang Berdampak Akibat Meletusnya Gunung Taal

Penduduk di daerah terdekat paling berisiko dari efek potensi letusan, termasuk kemungkinan tsunami vulkanik di danau di sekitar gunung berapi, menurut PHIVOLCS. Ada 10 kota dan kota di sekitar gunung berapi, beberapa terletak di luar radius evakuasi – dan mereka adalah rumah bagi hampir 760.000 orang, kata PHIVOLCS.

Lava yang sekarang mulai meletus berbahaya. Menurut Klemetti, karena menciptakan “air mancur lava besar” yang kemudian bisa tumpah ke kota-kota terdekat. Tetapi abu vulkanik adalah bahaya terbesar, kata Joseph Michalski, direktur divisi Ilmu Bumi dan Planet di Universitas Hong Kong.

“Abu adalah yang akan membunuhmu, bukan lava,” kata Michalski kepada CNN. “Aliran abu dari gunung berapi yang meledak dapat menempuh ratusan kilometer per jam.”

Ancaman lain termasuk gas beracun mematikan yang dipancarkan dari letusan. Dan aliran lumpur yang disebabkan oleh pencampuran abu dengan uap air di atmosfer, Michalski menambahkan.

Jika meletus lagi, abu – yang membawa pecahan kaca mikroskopis – berpotensi dibawa 100 kilometer (62 mil) atau lebih, mencemari pasokan udara dan air di lokasi yang jauh. Lebih dari 25 juta orang tinggal dalam jarak 100 kilometer dari gunung berapi.

“(Pecahan kaca) berbahaya bagi paru-paru,” kata Michalski. “Kamu tidak ingin hal-hal seperti itu di paru-parumu. Itu bisa bersarang di sana dan membuatmu cukup sakit.”

Michalski mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan seberapa besar letusan yang akan terjadi. Taal Volcano memiliki sejarah panjang yang sering terjadi, letusan kecil. Namun, itu juga berpotensi lebih berbahaya daripada gunung berapi lainnya karena lokasinya di danau – interaksi magma dengan air dapat membuat letusan gunung berapi jauh lebih eksplosif.

Pada hari Minggu, abu vulkanik menyebar sejauh Kota Quezon utara Manila. Hal ini mendorong penangguhan semua penerbangan di bandara internasional ibukota.

Destinasi Wisata Bagi Turis Yang Datang Ke Filipina

Gunung Taal juga menjadi salah satu destinasi wisata di Filipina. Hal ini dikarenakan gunung yang berada di kota Tagaytay tersebut dikelilingi oleh danau yang indah. Dan tentu juga memiliki taman hiburan bagi turis yang berkunjung ke daerah tersebut.

Kota liburan Tagaytay sendiri terletak dekat dengan tepi perairan. Hal ini juga membuatnya menjadi tempat liburan yang populer bagi penduduk Manila yang sering naik perahu ke danau dan mendaki gunung berapi.